Rabu, 14 Oktober 2009

Pameran Trienal Seni Grafis

Pameran Trienal Seni Grafis Digelar di Bentara Budaya Jakarta


Rabu, 14 Oktober 2009 | 20:55 WIB
Laporan wartawan KOMPAS Yurnaldi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika ingin melihat seni grafis terbaik Indonesia, jangan lewatkan kesempatan menyaksikan pameran di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jalan Palmerah Selatan 17, Jakarta, yang dibuka Kamis (15/10) pukul 19.30 WIB. Pameran karya pemenang dan finalis Trienal Grafis III Tahun 2009 itu menyuguhkan seri pemandangan terbaru di dalam perkembangan dunia seni grafis hari ini.

Direktur Eksekutif Bentara Budaya Jakarta Efix Mulyadi mengatakan, karya-karya yang dipamerkan merupakan hasil kompetisi tiga tahunan yang dijaga ketat oleh tim juri. Sebanyak 50 karya finalis termasuk di antaranya tiga pemenang utama akan tampil di dalam pameran perdana di venue kami di Jakarta, kata, Rabu (14/10) di Jakarta.

Efix menje laskan, berbeda dengan dua kompetisi terdahulu, Trienal kali ini melonggarkan tema sambil mengharap munculnya karya-karya grafis yang hebat secara teknis sekaligus kuat di dalam pesan. Kombinasi kehebatan itu bisa ditemui di dalam sejumlah karya finalis.

Berbagai corak gambar muncul di dalam puluhan karya yang dipamerkan. Namun, yang tak kalah penting hadir juga bermacam teknik cetak. Terbanyak di antaranya adalah cukil kayu, beberapa menggunakan intaglio, litografi, monoprint, serta mixmedia. Sumber: Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar