Rabu, 30 September 2009

Kepada Guru Sejarah dan guru Bahasa Sartra Indonesia

To. Bapak Jajang
di Tempat

Salam Hangat
Perkenalkan nama saya Rhoma Dwi Aria Yuliantri. Saya mendapat email Bapak Jajang dari Mas Devi Setiawan. Saat ini saya tengah mengembangkan web belajar sejarah (secara idependent) tujuannya adalah agar teman-teman yang lebih muda mengenal sejarahnya dan sebagai ajang menulis. Saya sangat berharap web ini menjadi ajang bagi teman-teman muda untuk menulis sejarahnya sendiri. Web direncanakan akan dilaunching akhir Oktober. Kebetulan saya sudah bekerjasama dengan beberapa SMA Kota Yogya dan guru MGMP Kota Yogya, Puji Syukur Respon mereka cukup baik. Saya sangat berharap kerjsama dan bantuan teman-teman semua dan web ini akan menjadi milik kita semua. Saya juga berencana menerbitkn karya teman-teman muda dan teman2 guru menjadi sebuah buku ber ISBN (centaknya terbatas menginggat web ini saya danai sendiri). Web itu tersedia benyak rubrik. Program bulan ini sekalian untuk lounching dan penerbitan buku yang pertama adalah:

1. Karya Siswa (Siwa bisa diberi tugas mengarang sepanjang 1-2 halaman) bertema "Aku dan Desaku: Catatan Sejarah Kecil". Siswa bisa mengambil profil/tokoh di desa atau wilayahnya, asal usul desanya/wilayah, habit/kebiasaan atau kebudayaan, hikayat dll menyangkut wilayah atau desanya.
2. Karya Guru, bisa berupa; Artikel sejarah, resensi buku sejarah, tempat bersejarah, tips mengajar sejarah, atau hasil wawancara dengan narasumber sejarah. 9Panjang 1-2 halaman).
3. Setelah melalui proses editing semua karya akan diterbitkan. (Usahakan untuk mengirim naskah sebanyak-banyaknya, kalau dimungkinkan untuk semua siswa disemua jengjang di Sekolah).

Catatan: Jangan lupa sertakan sumber yang dikutip.Penugasan ini juga bisa bekerjasama dnegan guru bahsa Indonesia atau bahasa Inggris. Redaksi juga menerima tulisan dalam bentuk bahasa Inggris. Jangan lupa cantumkan nama sekolah masing2.

Saya sangat senang kalau ibu mau bergabung. Mudah2an catatan lembar sejarah ini menjadi tempat kita bertukar pikiran, berdikusi, memotivasi untuk menulis dan memperkaya khasanah sejarah Indonesia.

Salam hangat selalu

Rhoma
Mahasiswa Pascasarjana UNJ
081328690269

Tidak ada komentar:

Posting Komentar